News

Apa Itu Antioksidan?

0
×

Apa Itu Antioksidan?

Sebarkan artikel ini
apel, buah apel, manfaat apel, jus apel
Sumber gambar apel dari pixabay

By Khanzalani

SOLARENERGI.ID – Vitamin dan mineral dapat menunjang kesehatan seseorang. Begitu pula dengan antioksidan. Antioksidan adalah zat alami atau buatan manusia yang berperan dalam beberapa kasus pencegahan atau penundaan kerusakan sel.

Apa Itu Antioksidan?

Antioksidan, seperti dilansir health, adalah molekul yang ada di dalam tubuh dan ditemukan dalam makanan nabati yang melawan stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika terdapat lebih banyak radikal bebas di dalam tubuh namun lebih sedikit antioksidan yang tersedia untuk menghilangkannya.

Tentang Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul atau fragmen molekul yang memiliki setidaknya satu set elektron tidak berpasangan. Mereka mencoba membentuk ikatan dengan atom, elektron, atau molekul agar menjadi stabil.

Akibatnya, radikal bebas dapat menjadi produk sampingan dari metabolisme normal. Mereka juga dapat terbentuk sebagai respons terhadap olahraga , paparan sinar matahari, dan polutan lingkungan seperti kabut asap dan asap rokok.

Stres oksidatif yang dipicu oleh radikal bebas merusak sel-sel sehat dan diduga berperan dalam berbagai penyakit, antara lain:

  • Penyakit Alzheimer
  • Kanker
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Penyakit Parkinson

Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel sehat dari serangan radikal bebas. Dengan demikian, mereka membantu menjaga fungsi fisiologis yang tepat dan menjaga kesehatan Anda.

Apa Saja Jenisnya?

Ada dua jenis utama antioksidan: endogen dan eksogen.

Antioksidan Endogen

Antioksidan endogen merupakan antioksidan yang dapat diproduksi oleh tubuh. Mereka bisa ada sebagai enzim, seperti katalase (CAT), atau dalam bentuk non-enzim seperti bilirubin atau asam urat.

Antioksidan Eksogen

Antioksidan yang dianggap eksogen adalah antioksidan yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Ini adalah antioksidan yang mungkin sudah dikenal oleh sebagian besar orang, karena berasal dari makanan. Contoh antioksidan eksogen antara lain:

  • Fitokimia, seperti polifenol atau flavonoid
  • Elemen jejak, termasuk selenium, tembaga, seng, dan mangan
  • Vitamin C dan E

Sumber Antioksidan Alami

Banyak makanan nabati yang mengandung antioksidan sehingga mudah didapat. Beberapa sumber teratas meliputi:

  • Apel
  • Artichoke
  • Alpukat
  • Kacang polong
  • Buah beri
  • Ceri
  • Biji cokelat
  • Kopi dan teh
  • Sayuran berdaun gelap
  • Rempah rempah
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Delima
  • Kentang dan ubi jalar
  • Tomat
  • Biji-bijian utuh

Cara Meningkatkan Asupan Anda

Untuk mendapatkan spektrum antioksidan yang lebih luas—serta vitamin, mineral, dan serat—bidiklah berbagai kelompok makanan nabati dengan warna berbeda. Cara lain untuk meningkatkan asupan antioksidan adalah dengan mengganti makanan olahan dengan makanan nabati utuh.

Simak juga ide dan tips berikut untuk meningkatkan konsumsi antioksidan:

  • Tukarkan kue sarapan dengan semangkuk ‘zoats’ (zucchini oatmeal) yang diberi buah dan kacang di atasnya.
  • Pilih mangkuk dengan bahan dasar sayuran hijau yang banyak di atasnya diberi kacang, nasi merah , dan guacamole berbumbu.
  • Camilan buah-buahan dengan kacang-kacangan atau biji-bijian atau sayuran dengan hummus.
  • Puaskan rasa manis Anda dengan coklat hitam.
  • Taburkan kayu manis ke dalam kopi pagi Anda , dan seduh air atau teh dengan herba kaya antioksidan dan potongan buah.

Suplemen Antioksidan

Suplemen antioksidan adalah suplemen makanan berbahan dasar antioksidan yang bisa Anda peroleh dari makanan seperti selenium, vitamin C, dan beta-karoten. Sama seperti antioksidan alami, suplemen juga dimaksudkan untuk menghilangkan radikal bebas.

Namun para ilmuwan menyimpulkan bahwa mendapatkan antioksidan dari makanan lebih baik dibandingkan suplemen. Suplemen antioksidan cenderung tersedia dalam dosis tinggi. Terlalu banyak antioksidan bisa lebih berbahaya daripada bermanfaat.

Selain itu, penelitian mengenai efektivitas suplemen antioksidan masih beragam, atau suplemen tersebut belum menghasilkan manfaat yang signifikan bagi kesehatan individu dalam penelitian tersebut.

Apa Risikonya?

Beberapa penelitian mengaitkan penggunaan suplemen beta-karoten dosis tinggi dengan peningkatan risiko kanker paru-paru pada perokok. Mengonsumsi suplemen vitamin E dosis tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke hemoragik—sejenis stroke yang disebabkan oleh pendarahan di otak—dan kanker prostat.

Tinjauan Singkat

Antioksidan merupakan aspek penting dari nutrisi proaktif dan dapat membantu mencegah penuaan dan penyakit kronis. Namun, ketahuilah bahwa antioksidan bukanlah obat yang bisa menyembuhkan segalanya, dan antioksidan tidak boleh digunakan dalam bentuk suplemen untuk mengobati suatu kondisi medis tanpa pengawasan penyedia layanan kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari antioksidan, dapatkan sumbernya dari makanan utuh atau produk yang terbuat dari bahan makanan utuh. Ini juga merupakan cara paling enak dan memuaskan untuk mendapatkan dosis harian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *