News

Ternyata Sederhana, Inilah 15 Makanan Terbaik untuk Rambut, Kulit, dan Kuku

0
×

Ternyata Sederhana, Inilah 15 Makanan Terbaik untuk Rambut, Kulit, dan Kuku

Sebarkan artikel ini
telur, manfaat telur, khasiat telur, protein telur, telur ceplok, telur dadar, orek telur, omelet telur

 

SOLARENERGI.ID – Permintaan akan produk kecantikan seperti makeup dan perawatan kulit selalu tinggi. Faktanya, industri kecantikan global diperkirakan bernilai 511 miliar dolar. Namun kenyataannya, kecantikan dimulai dari apa yang ada di piring Anda. Makanan dan nutrisi tertentu secara khusus dapat membantu mendukung kesehatan rambut, kuku, dan kulit dari dalam ke luar. Berikut 15 makanan terbaik untuk kesehatan rambut, kuku, dan kulit yang saya rekomendasikan sebagai ahli diet terdaftar.

Makanan apa yang membantu mendukung kesehatan rambut, kulit, dan kuku?

1. Telur

Telur orak-arik, direbus atau digoreng, tidak diragukan lagi merupakan makanan super dalam hal kesehatan kuku, rambut, dan kulit. Selain menjadi sumber protein lengkap berkualitas tinggi, mereka juga menyediakan biotin (juga dikenal sebagai vitamin B7 atau koenzim R), yang keduanya penting untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut, serta menjaga kesehatan kuku .

Protein hewani seperti telur, tidak seperti kebanyakan protein nabati, dianggap lengkap, artinya mengandung semua asam amino esensial. Pedoman diet AS merekomendasikan rata-rata konsumsi 0,8 gram protein per kilogram berat badan, yang sedikit lebih tinggi jika Anda aktif. Karena folikel rambut hampir seluruhnya terdiri dari protein, mengonsumsi protein yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut .

2. Biji labu

Untuk makanan nabati kaya biotin, cobalah biji labu . Biotin sering dipasarkan untuk kesehatan rambut karena perannya dalam memproduksi keratin, salah satu protein pada rambut. Kebanyakan orang sehat dengan mudah memenuhi kebutuhan biotinnya. Namun, jika Anda kekurangan, suplemen biotin dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut. Selain itu, biotin dapat membantu menjaga kuku Anda tetap tebal.

3. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi dan lemak omega-3 esensial. Pedoman Diet untuk Orang Amerika merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan laut setidaknya dua kali seminggu.

Meskipun lemak omega-3 banyak dipuji karena manfaatnya bagi kesehatan otak dan jantung , lemak esensial ini juga berperan dalam kesehatan kulit. Asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 berperan penting dalam fungsi dan penampilan kulit normal , menjaga kulit Anda tetap halus dan lembut.

Mencari cara lain untuk menikmati salmon? ini Cobalah salad salmon panggang yang menawarkan manfaat protein dan lemak omega-3 serta banyak fitonutrien yang menyehatkan kulit dari sayuran.

4. Ikan tuna

ikan, ikan tuna, tuna, manfaat ikan tuna, masakan ikan tuna

Ikan berlemak lain yang bisa dimasukkan ke dalam rotasi makanan laut 2x seminggu Anda adalah tuna. Tuna adalah sumber vitamin B12 (cobalamin) yang baik, nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut. akan lebih sulit dilakukan Vitamin B12 secara alami terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan, termasuk ikan, daging, unggas, telur, dan produk susu, sehingga pola makan nabati.

5. Kenari

Mencari cara nabati untuk mendapatkan omega-3 Anda? Kacang kenari adalah pilihan yang bagus . Meskipun semua kacang merupakan sumber lemak baik untuk Anda, kenari memiliki keunikan karena merupakan satu-satunya kacang yang mengandung lemak omega-3 esensial.

6. Buah beri

Kecil tapi kuat, buah beri seperti stroberi, raspberry, dan blueberry adalah pembangkit tenaga antioksidan. Antioksidan membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan polusi. Tambahkan segenggam buah beri ke dalam mangkuk smoothie, yogurt, dan oatmeal, atau camilan segenggamnya.

7. Delima

Sama seperti buah beri, buah delima juga kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Sebuah penelitian menemukan bahwa potensi antioksidan pada jus delima bahkan lebih besar dibandingkan anggur merah dan teh hijau. Tip – jika Anda memiliki buah delima segar di meja Anda, bukalah dalam semangkuk air untuk mencegah noda dan dengan mudah menghilangkan arils dari membrannya.

8. Paprika

Fakta menarik: paprika mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi kulit dari radikal bebas dan berperan penting dalam produksi kolagen, salah satu protein struktural utama pada kulit.

9. Tomat

Tomat mendapatkan warna merahnya dari antioksidan karotenoid yang disebut likopen yang menurut penelitian dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar UV. Meskipun tomat mentah hanya menyediakan sedikit likopen yang tersedia secara hayati, produk tomat yang dimasak seperti saus tomat adalah sumber yang lebih baik .

Bantu lindungi kulit Anda dengan memasukkan tomat matang ke dalam makanan dan camilan Anda – pastikan juga menggunakan tabir surya berspektrum luas dan tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari, seperti yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology.

10. Ubi jalar

Ubi jalar juga kaya akan antioksidan karotenoid, khususnya beta-karoten. Sebuah penelitian menemukan bahwa individu dengan konsentrasi karotenoid yang lebih tinggi pada kulitnya tampak lebih muda dibandingkan usianya , sedangkan mereka yang memiliki konsentrasi karotenoid rendah tampak lebih tua.

11. Alpukat

Daripada menggunakan mentega pada roti panggang, pilihlah alpukat. Buah padat nutrisi ini menyediakan lemak sehat dalam dosis besar dan merupakan sumber vitamin E yang sangat baik , antioksidan kuat yang melindungi kulit, termasuk kulit kepala, dari potensi stres oksidatif, yang dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala Anda .

12. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat lainnya serta vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak dan antioksidan kuat. Lemak makanan sangat penting untuk membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Selain menggunakan minyak zaitun dalam saus salad dan hidangan pasta, cobalah menggunakannya dalam makanan yang dipanggang sebagai pengganti mentega .

13. Kaldu tulang

Kaldu tulang dibuat dengan merebus tulang hewan seperti ayam, daging sapi, dan ikan dalam air seiring waktu. Hasilnya adalah kaldu beraroma padat nutrisi yang kaya akan senyawa asam hialuronat yang menyukai kulit.

Asam hialuronat ditemukan secara alami di seluruh tubuh dengan konsentrasi besar di kulit. Karena kemampuannya yang unik dalam menahan air, ia berperan dalam hidrasi kulit dan dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan serta meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit.

14. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah salah satu makanan paling padat nutrisi, artinya mengandung vitamin dan mineral tingkat tinggi dibandingkan kalorinya. Mereka juga mengandung senyawa yang disebut methylsulfonylmethane yang menurut beberapa penelitian dapat menghambat tanda-tanda penuaan kulit.

15. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti oat, quinoa, dan beras merah mengandung vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk biotin, yang penting untuk kesehatan kuku.

Cara lain untuk menunjang kulit, rambut dan kuku

Meskipun riasan dan produk topikal untuk kulit dan kuku bisa menjadi solusi cepat dan sementara, ada cara lain untuk mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku Anda dari dalam ke luar. Ikuti tip berikut untuk tampil dan merasakan yang terbaik.

LAKUKAN: Mengatasi kekurangan nutrisi

Para ahli percaya bahwa kesehatan rambut, kulit, dan kuku Anda berhubungan dengan status gizi—jadi waspadalah terhadap kekurangannya. Dengan menggunakan Tes Darah Panel Nutrisi Life Extension, Anda dapat menentukan nutrisi apa yang mungkin kurang dan mengisi kekosongan jika diperlukan.

LAKUKAN: Makan makanan yang seimbang

Memasukkan berbagai macam bahan makanan utuh adalah salah satu cara pasti untuk membantu memastikan Anda mendapatkan berbagai nutrisi dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan makan sesuai musim, mengganti protein, dan merotasi biji-bijian utuh.

JANGAN: Berhemat pada hidrasi

Salah satu cara termudah untuk mendukung kesehatan kulit adalah hidrasi. Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS merekomendasikan 3,7 liter (15,5 gelas) cairan per hari untuk pria dan 2,7 liter (11,5 gelas) untuk wanita yang dapat dipenuhi melalui makanan yang Anda makan dan cairan yang Anda minum. Selain minum cukup air, konsumsilah makanan kaya air seperti mentimun, seledri, dan semangka, yang 90% nya terdiri dari air.

LAKUKAN: Tambahan

Suplemen dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi bila diperlukan dan pada akhirnya membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Vitamin apa yang terbaik untuk pertumbuhan rambut dan kuku?

Perpanjangan Hidup ® Formula suplemen nutrisi Rambut, Kulit & Kuku Kolagen Plus adalah toko serba ada untuk dukungan rambut, kulit dan kuku yang komprehensif. Produk ini mengandung peptida kolagen bioaktif dan nutrisi yang tervalidasi secara klinis untuk meningkatkan kesehatan dan pembentukan kolagen dan keratin, serta kekenyalan dan elastisitas kulit.

Kesimpulan: Kecantikan dimulai dari dalam

Sebelum menuju ke konter riasan, mulailah dengan mengatur apa yang ada di piring Anda! Makanan dan nutrisi tertentu mempunyai kekuatan untuk mendukung kesehatan kulit, kuku dan rambut dari dalam ke luar. Dengan memasukkan bahan-bahan makanan utuh ini, tetap terhidrasi dan mengisi kesenjangan nutrisi bila diperlukan, Anda dapat membantu mencapai rambut, kulit, dan kuku paling sehat pada usia berapa pun.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *