oleh

10 Negara Memiliki Ladang Angin Terbesar Di Dunia

-News, Wind-50 views

By Cahyo

SOLARENERGI.ID – Pembangkit listrik tenaga angin telah diterapkan dibeberapa negara mengingat potensi aliran  angin  dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik yang dapat digunakan untuk melistriki tidak hanya perumahan namun dapat dialirkan untuk memenuhi kebutuhan listrik industri meskipun ketersediaan angin yang terus menerus dalam periode satu tahunnya relatif kecil. Meski relatif kecil  dan “berkat kemajuan teknologi yang ada potensi aliran angin  tersebut dapat dimanfaatk menjadi energi listrik yang bermanfaat seperti di Turki rata=rata  sekitar 1.600 jam per tahun , di Cina rata-rata sekitar jam 2.000 jam”.

Sebelum menetapkan daerah atau lokasi pembangkit listrik tenaga angin telah melalui kajian dan analisa yang digunakan sebagai dasar pertimbangan hasil survey selama minimal satu tahun terkait :  kecepatan angin rata-rata , jumlah jam yang dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin angin, tinggi efektif penempatan turbin angin, suhu udara rata-rata, kelembaban udara, dan beberapa pertimbangan lain seperti jarak dengan pemukiman terdekat, harga tanah dan nilai produktifitas tanah.

Mengingat  keberadaan pembangkit listrik tenaga angin sangat membantu mengurangi emisi  gas karbon dioksida, biaya produksi bisa bersaing dengan pembangkit listrik berbahan bakar minyak atau gas, meskipun mempunyai kelemahan berupa kebisingan akibat putaran bilah turbin namun pembangunan pembangkit listrik tenaga angin terus bertambah setiap tahunnya.

Mengutip laman Power-technology.com , bahwa 10 negara terbesar di dunia  yang telah memanfaatkan tenaga angin sebagai pembangkit listrik tenaga angin sebagai berikut :

1.Cina

China memiliki kapasitas pembangkit tenaga angin terpasang sebesar 221 GW dan merupakan pemimpin dalam energi angin, dengan lebih dari sepertiga kapasitas dunia yang memiliki ladang angin darat terbesar di dunia dengan kapasitas 7.965 megawatt (MW) yang terletak di Jiuquan .

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat yang memiliki enam dari sepuluh ladang angin darat terbesar dengan kapasitas terpasang sebesar 96,4 GW merupakan peringkat dua didunia , meskipun memiliki ladang energi angin Alta di California dengan kapasitas terpasang sebesar 1.548 MW.

3. Jerman

Jerman memiliki kapasitas tenaga angin terpasang sebesar 59,3 GW dan terbesar di Eropa, Ladang angin lepas pantai terbesarnya adalah Gode Windfarms, yang memiliki kapasitas gabungan 582 MW.

4. India

India memiliki ladang angin dengan kapasitas sebesar 35 GW yang merupakan ladang angin terbesar kedua di Asia dan ke empat di dunia , dua dari ladang angin yang dimiliki India merupakan ladang angin terbesar keempat di dunia yang berlokasi di Tamil Nadu yaitu ladang angin Muppandai dengan kapasitas 1.500 MW dan yang berlokasi di Rajasthan yaitu Taman Angin Jaisalmer dengan kapasitas 1.064 MW

5. Spanyol

Spanyol memiliki ladang angin dengan total kapasitas sebesar 23 GW yang berkontribuasi dalam system kelistrikan Spanyol sekitar 18 persen.

6. Britania Raya

Inggris memiliki total kapasitas lebih dari 20,7 GW, dari ladang angin yang dimiliki terdapat enam dari 10 proyek angin lepas pantai berkapasitas terbesar di dunia. Salah satunya adalah proyek Walney di lepas pantai Cumbria, Inggris Barat Laut, yang merupakan proyek angin lepas pantai terbesar di dunia.

7. Perancis

Prancis memiliki kapasitas terpasang 15,3 GW yang pada  saat ini sedang menjauh dari tenaga nuklir, yang sebelumnya memasok 75 persen kebutuhan energi negara tersebut.

8. Brazil

Brasil memiliki kapasitas tenaga angin terbesar di Amerika Selatan dengan total kapasitas sebesar 14,5 GW, dari data yang dihimpun bahwa pembangkit listrik  tenaga angin tumbuh setiap tahunnya sekitar  8,9 persen hingga  2019. Lebih lanjut ditambahkan bahwa tenaga angin menempati urutan keempat dalam total bauran energi Brasil.

9. Kanada

Kapasitas energi yang bersumber tenaga angin mencapai 12,8 GW, dengan 566 MW kapasitas terpasang baru ditambahkan pada 2018. Energi yang bersumber dari tenaga angin  dihasilkan oleh total 299 ladang angin dengan 6.596 turbin angin, Proyek Riviere-du-Moulin 300-MW adalah ladang angin terbesar di Kanada.

10. Italia

IItalia telah menggunakan tenaga angin dalam memproduksi listrik, adapun tenaga nagin yang terpasang total kapasitas sebesar 10 GW, ladang  angin Italia sangat terkonsentrasi di selatan dan di pulau-pulaunya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini