oleh

Bagaimana Memilih Peralatan Sistem Panel Surya Atap

By Suryo SOLARENERGI.ID Selama beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan yang cukup besar dalam permintaan dan penggunaan sistem  panel surya sebagai pembangkit listrik dari sumber energi radiasi pancaran sinar matahari.  Peningkatan permintaan tersebut sebagai salah satu solusi untuk mendukung pengurangan emisi gas karbondioksida, sehingga diperkirakan peningkatan permintaan sistem panel surya dalam dua dekade kedepan semakin besar.Sebagai orang  awam yang nantinya akan ikut menggunakan sistem panel surya tentunya perlu mendapatkan informasi tentang bagaimana memilih sistem panel surya yang terbaik dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Kali ini solarenergi memberikan acuan yang perlu dipertimbangkan saat membeli panel surya, agar dapat membantu Anda memutuskan produk sistem panel surya terbaik untuk instalasi yang akan dipasang di rumah anda.

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah ukuran dan kesesuaian panel surya yang akan diterapkan dirumah anda, dan dimensi panel sura harus sesuai dengan sisi atap tempat panel surya yang akan  anda pasang. Untuk anda yang tinggal di selatan garis katulistiwa sebaiknya semua panel surya yang dipasang menghadap ke utara dengan sudut kemiringan maksimal 40 derajat agar radiasi pancaran sinar matahari dapat diserap secara optimal sepanjang pagi hingga matahari terbenam.

Kedua pilih panel surya yang memiliki Efisiensi panel surya diatas rata-rata,sebagai gambaran saat ini effisiensi rata-rata yang dijual  dipasaran  masih sekitar  15 -19%, meskipun sudah diproduksi panel surya yang memiliki effisiensinya hingga mendekati 23 % namun jarang karena jumlahnya relative masih sedikit .

Jenis Sel Surya , sumber foto energy.gov

Dengan memilih effisiensi yang lebih tinggi maka akan menghasilkan daya listrik yang lebih besar pada ukuran panel surya yang sama, bahkan saat radiasi pancaran sinar matahari yang relative kurang cerah maka panel surya masih mampu menghasilkan daya listrik. Sementara beberapa calon pemilik instalasi sistem panel surya rumah mungkin memilih untuk berinvestasi pada panel “premium” dengan kualitas terbaik dan paling efisien, ingatlah bahwa panel tersebut akan dibandrol dengan  harga yang lebih tinggi dari panel surya yang effisiensinya lebih rendah   

Menggunakan tenaga surya sangat mirip dengan membeli mobil: tidak semua orang membutuhkan Porsche. Sebaliknya, jika anda ingin menghemat dengan membeli panel surya murah, sistem panel surya yang anda pasang mungkin menghasilkan lebih sedikit listrik selama masa pakainya, sehingga mengurangi penghematan anda secara keseluruhan. Jadi hanya anda yang tahu sistem panel surya yang seperti apa yang terbaik untuk dipasang di atap  rumah anda. 

Anda dapat mengevaluasi panel surya pada beberapa parameter utama: produksi, daya tahan, dan kualitas pabrikan. Jumlah listrik yang dapat dihasilkan oleh panel surya tertentu tergantung pada beberapa faktor, termasuk kapasitas daya, toleransi daya, efisiensi, dan koefisien suhu, sehingga  secara keseluruhan faktor-faktor tersebut akan menginformasikan anda berapa banyak daya yang dapat dihasilkan oleh panel surya yang anda pasang . 

Selanjutnya mulailah pertimbangkan garansi dan jaminan yang ditawarkan pabrikan, seperti dapatkan kepastian kalau performance panel surya tidak menurun dari waktu ke waktu. Banyak produsen akan menjamin bahwa hasil  produksinya memiliki daya panel yang tidak jatuh di bawah ambang batas tertentu selama dua puluh lima tahun, selain itu tidak sedikit produsen panel yang memiliki garansi bahan jika panel surya gagal berfungsi.

Sebagian besar panel surya akan tahan lama, tetapi jika anda tinggal di daerah yang curah hujan lebatnya tinggi dan  tingkat kecepatan angin nya diatas (angin kencang), maka anda juga harus bisa memastikan bahwa panel surya yang anda pasang dirancang untuk tahan terhadap kondisi tersebut. Dapatkan  panel yang memenuhi standar keandalan yang ditetapkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). IEC 61215 menggunakan uji tegangan luar ruangan yang dipercepat untuk panel guna memastikan ketahanannya.  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

Berita Terkini