oleh

Smart Home Menjadikan Rumah Dalam Genggaman

By : Citra SOLARENERGI.ID – Dalam era digital perkembangan dunia digital tumbuh dengan pesat, sehingga mampu menembus ruang dan waktu yang biasa disebut konsep tanpa batas yaitu diwaktu yang sama seseorang bisa mengetahui kondisi di beberapa lokasi seperti maraknya live meeting , video conference dan pusat pemantau kondisi lalu lintas dari beberpa kota.

Untuk mengetahui lebih lengkap penerapan teknologi Internet of Things (IoT), Solarenergi.id  telah berbincang dengan pemerhati teknologi informasi Endhy dari PT Kaltech Dwimitra Utama, Endhy menyampaikan secara detail konsep teknologi digital tanpa batas yang bila diterapkan dalam dunia property (hunian) akan mampu memberikan nilai tambah bagi penghuninya karena dengan konsep ini penghuni dapat memonitor dan mengendalikan konsumsi energi di rumah yang dikenal dengan konsep rumah pintar atau smart home .

Saat ini dan dimasa yang akan datang konsep smart home akan menjadi kebutuhan mendasar bagi pengembang hunian modern terutama untuk menarik calon penghuni dari keluarga muda millenial guna meningkatkan gaya hidup dengan penerapan teknologi pada huniannya atau rumah yang ditempatinya

” Technology smart home tidak hanya mendukung gaya hidup seseorang yang mempunyai mimpi dalam kehidupannya yang menginginkan hidup mudah, praktis, aman dan nyaman, namun selain itu tentunya banyak juga yang menginginkan hadirnya teknologi didalam rumah tinggalnya untuk bisa terhubung dengan smartphone yang selalu ada digenggamnya “.

Kehadiran teknologi tersebut ternyata mampu untuk monitor secara real time,  mengendalikan tidak hanya konsumsi listrik, namun juga untuk konsumsi air, gas dan monitor kondisi keamanan lingkungan sekitar huniannya.  Dengan cara setiap peralatan yang akan dimonitor dan dikendalikan terhubung dengan pusat monitoring dan pengendali melalui interface yang berbasis digital sehingga dapat diakses melalui smartphone.

Salah satu penerapan smarthome adalah untuk mengendalikan atau mengurangi biaya konsumsi energi selain itu mampu meningkatkan kualitas hidup dan gaya hidup modern bagi penghuninya

Kehadiran technology smart home sudah semakin popular di Indonesia dengan beberapa pengembang yang sudah mulai mengaplikasikan technology tersebut pada unit bisnis hunian modern baik vertikal maupun landed sehingga menjadikan konsep smart home menjadi sebuah investasi bisnis yang menguntungkan.

Manfaat hunian yang menerapkan teknologi smarthome dirumahnya maka semua peralatan yann terhubung konsumsi energinya bisa lebih teratur , akurat dan efisien karena semua dilakukan secara terjadual sesuai keinginan pemilik hunian sehingga perilaku konsumsi air listrik dan gas dapat diketahui oleh pemilik rumah setiap saat , ibarat dimana saja pemilik rumah bisa mengetahui melalui smartphone.

Manfaat yang lain dari penerapan teknologi smarthome yang terintegrasi dengan Teknology IoT (internet of things) adalah ” mampu secara otomatis mengontrol pencahayaan di rumah dengan menggunakan sensor infrared” . Dengan demikian, lampu akan otomatis mati ketika tidak ada aktivitas di dalam rumah. Sistem ini juga mampu beradaptasi terhadap lingkungan secara otomatis.
Misalnya mau menyalakan lampu ruang utama namun Saudara malas beranjak dari tempat tidur? atau mau mematikan seluruh lampu taman bahkan saat saudara masih diperjalanan dua menit mau sampai rumah namun ingin mengidupkan penyejuk ruang utama agar ketika sudah tiba di rumah anda merasakan kenyamanan ruang utama sesaat buka pintu. Semua bisa Saudara lakukan hanya dalam satu genggaman.

Pada konsep smart home, segala pengaturan produk elektronik di rumah, air conditioner, microwave, televisi, dan sound system hingga lampu akan dikendalikan dalam sebuah gadget. Anda cukup mengontrolnya sehingga tidak perlu khawatir dengan jumlah remote yang banyak

Misalnya, suhu dan pencahayaan di dalam rumah dapat disesuaikan dengan kebiasaan penghuni sehingga pemakaian daya listrik bisa lebih efisien. Selain itu sistem ini juga mampu menyediakan data yang real time dengan kemampuannya memonitor segala aktivitas di rumah melalui CCTV serta pemakaian elektronik lainnya dengan kontrol jarak jauh melalui aplikasi di smartphone.

Dari segi keamanan juga sudah menjadi pertimbangan, ” salah satunya dengan pemanfaatan alat pendeteksi gas,asap, sensor kebocoran air” . Dengan demikian, bila ditemui suatu kejadian dengan segera sistem segera akan mengirim sinyal peringatan atau alarm ke smartphone.

Sistem smart home juga aman dari peretas yang mungkin saja bisa terjadi. Teknologi ini juga telah dilengkapi dengan security top encryption dan beberapa layer security yang memungkinkan pemilik hunian tidak perlu khawatir terhadap ancaman cyber.

Diakhir penjelasannya Dwi Suryo Abdullah mereferensikan bagi pengembang hunian atau pemilik hunian yang menginginkan huniannya menerapkan teknologi smart home maka PT Kaltech Dwimitra Utama sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT Solutions yang bertempat di daerah Jakarta Selatan dengan email endhy@kaltechdwimitra.com siap membantu memberikan solusi kebutuhan smart home tersebut demi memberikan kenyamanan, serta keamanan bagi penghuninya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

Berita Terkini