News

Fakta Gizi Tauge dan Manfaat Kesehatan

0
×

Fakta Gizi Tauge dan Manfaat Kesehatan

Sebarkan artikel ini
sehat, kesehatan, tauge, kecambah, manfaat kecambah, khasiat kecambah, antioksidan, sayur, sayuran, sayur-sayuran

SOLARENERGI.ID – Kecambah adalah benih yang telah disiram dan berkecambah sehingga menghasilkan tangkai dan daun yang tipis. Mereka dipanen ketika berumur sekitar tiga sampai lima hari. Ada banyak ragamnya, antara lain tauge dari semua jenis kacang-kacangan, seperti kacang hijau dan kedelai; kecambah alfalfa; kecambah brokoli; dan kecambah semanggi.

Semakin berdaun kecambah, maka kandungan nutrisinya pun semakin mirip dengan sayuran berdaun hijau. Kecambah mudah ditanam di rumah. Misalnya, satu sendok makan biji alfalfa akan bertunas memenuhi satu liter toples. Pastikan untuk membeli benih berlabel “untuk bertunas”.

Fakta Gizi Tauge

Informasi nutrisi berikut disediakan oleh USDA untuk 1 cangkir (90g) tauge mentah.

  • Kalori : 27
  • Lemak : 0,2 gram
  • Natrium : 5.4mg
  • Karbohidrat : 5.4g
  • Serat : 1.6g
  • Gula : 3.7g
  • Protein : 2,7 gram
  • Besi : 0,8mg
  • Magnesium : 18.9mg
  • Vitamin C : 11,9mg
  • Folat : 54.9mcg
  • Vitamin K : 29,7mcg

Karbohidrat

Seperti kebanyakan sayuran non-tepung, para ilmuwan belum menguji indeks glikemik tauge, tetapi berasumsi bahwa indeks glikemiknya sangat rendah karena rendahnya jumlah karbohidrat (hanya 5,4 gram untuk 1 cangkir tauge).

Gemuk

Tauge hanya mengandung sedikit lemak. Sebagian besar lemak yang ditemukan dalam kecambah adalah lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Protein

Kacang merupakan sumber protein nabati yang baik, namun tauge memiliki lebih sedikit protein dibandingkan kacang matang. Misalnya, secangkir kacang hijau yang dimasak mengandung 12 gram protein 2 , sedangkan 1 cangkir tauge hanya mengandung 2,7 gram.

Namun, kecambah memiliki lebih banyak protein dibandingkan sayuran berdaun hijau lainnya, dengan 3 gram per cangkir untuk tauge dibandingkan kurang dari 1 gram untuk bayam, 3 misalnya. Kecambah meningkatkan jumlah dan bioavailabilitas protein.

Vitamin dan mineral

Pakar nutrisi telah mencatat bahwa “kecambah memberikan nutrisi dengan kualitas yang sangat baik dan, berdasarkan beratnya, merupakan sumber yang kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan anti-oksidan.” 4 Satu porsi cangkir merupakan sumber vitamin C yang baik (menyediakan sekitar 13% dari RDA) dan menyediakan antioksidan seperti cryptoxanthin.

Kalori

Tauge mengandung 27 kalori per cangkir (90g) porsi. Kalori tersebut terutama berasal dari karbohidrat sebesar 63%, diikuti oleh protein 32%, dan lemak 5%.

Ringkasan

Tauge adalah sayuran rendah kalori dan kaya nutrisi yang menyediakan serat dan nutrisi seperti zat besi, magnesium, vitamin K, folat, dan vitamin C. Tauge sangat baik untuk ditambahkan ke tumisan, salad, dan sandwich.

Keuntungan sehat

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa kecambah mulai dari tauge hingga kecambah brokoli memiliki kadar fitonutrien yang cukup tinggi , banyak di antaranya memiliki sifat antioksidan.

Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian kecil jangka pendek terhadap kecambah brokoli menemukan bahwa antioksidannya dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (“jahat”), dan secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL (“baik”) pada partisipan manusia. Sebuah penelitian yang lebih besar yang diterbitkan pada tahun 2015 menemukan efek serupa pada kadar kolesterol pada penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kecambah miju-miju.

Memberikan Manfaat Antioksidan dan Anti-Peradangan

Kacang hijau mengandung nutrisi seimbang, termasuk protein dan serat makanan, serta sejumlah besar fitokimia bioaktif. Tingginya kadar protein, asam amino, oligosakarida, dan polifenol dalam kacang hijau berkontribusi terhadap sifat antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, dan antitumor.

Diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini, namun beberapa penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa antioksidan dalam tauge dapat memiliki beberapa efek anti-inflamasi yang kuat. Mereka dapat berkontribusi pada pengobatan kanker, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan sepsis (peradangan sistemik yang serius pada tubuh).

Diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini, namun beberapa penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa antioksidan dalam tauge dapat memiliki beberapa efek anti-inflamasi yang kuat. Mereka dapat berkontribusi pada pengobatan kanker, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan sepsis (peradangan sistemik yang serius pada tubuh).

Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tauge mengandung vitamin C, zinc, dan magnesium, serta flavonoid yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat diperlukan untuk menangkal infeksi, virus, dan penyakit serta pemulihan dari penyakit.

Sumber Penting Nutrisi Nabati

Beberapa nutrisi lebih sulit didapat dari pola makan nabati, termasuk zat besi, seng, protein, dan vitamin B. Tauge menyediakan semua nutrisi ini dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan makanan nabati lainnya, menjadikannya ideal bagi mereka yang menghindari produk hewani. Ingatlah bahwa zat besi yang ditemukan dalam sumber nabati jauh lebih sulit diserap dibandingkan dengan sumber hewani, jadi Anda mungkin masih memerlukan suplemen.

Dapat Mendukung Kesehatan Tulang

Tauge mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Mereka juga mengandung mangan dan seng, yang juga mendukung pembentukan tulang yang sehat. Fitoestrogen yang ditemukan dalam kecambah kedelai juga dapat membantu meningkatkan mineralisasi tulang dengan meningkatkan kadar kalsium.

Dapat Membantu Mencegah Penyakit Degeneratif

Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan makanan kaya antioksidan ke dalam pola makan Anda, seperti kacang-kacangan dan tauge, berkorelasi positif dengan rendahnya kejadian penyakit degeneratif seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, kanker, arthritis, dan penyakit Alzheimer.

Alergi

Orang yang alergi terhadap kedelai sebaiknya tidak mengonsumsi tauge kedelai. Penderita alergi kacang juga mungkin mengalami reaksi saat mengonsumsi kecambah yang terbuat dari berbagai jenis kacang-kacangan. Jika Anda atau anak Anda memiliki alergi kedelai atau kacang tanah, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara terbaik menangani alergi ini untuk menghindari reaksi serius.

Dampak buruk

Bakteri dapat berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembap, seperti kondisi di mana kecambah tumbuh. Akibatnya, terjadi wabah penyakit bawaan makanan yang berhubungan dengan memakan kecambah mentah dan dimasak sebentar. Orang yang berisiko tinggi mengalami keracunan makanan (seperti anak-anak, wanita hamil, dan siapa pun dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah) sebaiknya tidak mengonsumsi kecambah kecuali sudah matang sepenuhnya.

Varietas

Tauge kacang hijau dan tauge alfalfa adalah beberapa tauge yang lebih umum dikonsumsi, namun hampir semua biji atau kacang-kacangan dapat digunakan untuk bertunas. Berikut adalah fakta nutrisi menurut data yang disediakan oleh USDA.

tauge kacang hijau Kecambah alfalfa Brokoli, semanggi, dan sawi
Kalori 31 8 20
Karbohidrat 6g 0,7 gram 2g
Serat 1,9 gram 0,6 gram 2g
Gula 4.3g 0,1 gram 0
Protein 3g 1.3g 2g

Microgreens mungkin terlihat mirip dengan kecambah, tetapi keduanya sedikit berbeda. Mereka tumbuh di tanah dan hanya daun dan batangnya yang dipanen dan dimakan. Sebaliknya, kecambah tumbuh di air dan biji serta akarnya biasanya dikonsumsi bersama dengan batang dan daunnya.

Saat Mereka Yang Terbaik

Tauge dan tauge lainnya biasanya tersedia sepanjang tahun. Saat memilih kecambah, carilah kecambah yang kokoh dan melekat erat pada batangnya. Daunnya harus berwarna hijau pekat. Batangnya harus berwarna putih. Wadahnya tidak boleh lembab atau berbau, dan kecambahnya tidak terlihat berlendir. Jika Anda membelinya di toko, carilah stempel International Sprout Growers Association.

Penyimpanan dan Keamanan Pangan

Kecambah sangat mudah rusak dan harus digunakan segera setelah dibeli, sebaiknya dalam satu atau dua hari dan tidak lebih dari tiga hari. Kecambah harus dicuci setelah dibeli dan disimpan dalam keadaan dingin setiap saat (di lemari es pada suhu 40 derajat F atau lebih rendah).

Untuk mengurangi risiko penyakit bawaan makanan, belilah hanya kecambah segar yang disimpan di lemari es. Bilas hingga bersih sebelum dimakan, dan cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memegangnya.

Bagaimana Mempersiapkannya

Banyak orang mengonsumsi kecambah mentah pada sandwich, salad, atau lumpia, namun mengonsumsi kecambah mentah memang menimbulkan risiko penyakit. Memasak membantu menurunkan risiko ini. Cobalah memasukkan kecambah ke dalam sup atau tumisan, atau Anda bisa memanggangnya di dalam oven seperti halnya sayuran lainnya.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *