oleh

Kinerja Subsektor Minyak dan Gas Bumi Positif Sepanjang 2021

By Citra, SOLARENERGI.ID – Pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan dalam negeri tahun 2021 mencapai 66%, sedikit di atas target yang telah ditetapkan sebesar target 65%, sehingga realisasi kinerja sebesar  101%. Ini berarti sinyal positif dalam pemanfaatan gas bumi khususnya  untuk memnuhi kebutuhan dalam negeri akan terus ditingkatkan demi mendukung tumbuh kembangnya industri dalam negeri, seperti dikutip dari laman esdm.go.id.

Meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, namun sektor energi selama tahun 2021 tetap mencatat kinerja yang positif,  khusus untuk subsektor Minyak dan Gas Bumi (Migas), kinerjanya berhasil mencapai target-target yang telah ditetapkan, seperti Penawaran Wilayah Kerja Migas, pemanfaatan gas untuk domestik, dan penerimaan negara terutama Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sumber Daya Alam (SDA) Migas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dalam konferensi pers awal tahun, Rabu (19/1), memaparkan, pada tahun 2021, Pemerintah menawarkan 14 wilayah kerja (WK) migas konvensional, di atas target 10 WK atau 140%.

Pengumuman penawaran WK Migas konvensional dilakukan dua tahap yaitu penawaran Tahap I pada tanggal 17 Juni 2021 sebanyak 6 WK dan Tahap II pada tanggal 29 November 2021 sebanyak 8 WK. “Dari penawaran tahap I tersebut, telah diperoleh pemenang dan telah dilaksanakan penandatanganan kontrak kerja sama pada 2 WK yaitu WK Liman dan WK South CPP,” kata Tutuka.

Adanya peningkatan jumlah penawaran WK Migas tahun 2021, lanjut Tutuka, menunjukkan adanya keberhasilan yang tidak lepas dari upaya-upaya untuk meningkatkan minat terhadap WK Migas yang ditawarkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini