oleh

Aptera Motor Luncurkan Mobil Listrik Panel Surya Super Efisien

By Citra, SOLARENERGI – Aptera Motors sebagai startup kendaraan listrik yang berbasis di di San Diego, California, telah meluncurkan kendaraan pertamanya, mobil listrik super efisien dan ringan dengan jangkauan hingga 1.600 km, bahkan dilengkapi dengan teknologi pengisian daya terus menerus melalui panel surya berbentuk berlian diatap mobil listrik tersebut.

Ide kendaraan roda tiga yang serba listrik, super efisien dan mampu berkendara hingga 64 km dengan penggerak yang dipasok oleh pancaran sinar matahari menjadi nyata.

Mobil yang diproduksi Aptera Motors dikenal dengan desain menukik seperti perut lumba-lumba melengkung di hidung meniru fisika kulit telur dengan lebar di sepanjang sisi dan meruncing ke arah bagasi, seperti pesawat kecil yang cepat untuk mengurangi hambatan sehingga memiliki aerodinamis yang sangat tinggi .

Bodi mobil listrik Aptera terbuat dari  komposit ultra ringan dengan sel pengaman yang tujuh kali lebih kuat dari baja dan memiliki berat 65% lebih ringan dari kendaraan listrik lainnya saat ini.

Sedang atap mobil listrik tersebut dipasang panel surya berbentuk berlian seluas 2,4 meter persegi guna memaksimalkan energi yang diserap dari pancaran sinar matahari, sehingga akan menghilangkan kekhawatiran menemukan stasiun pengisian daya ketika kehabisan daya listrik.

Baca juga : mobil listrik hibrid menjadi pilihan mewujudkan kendaraan rendah karbon dan hemat biaya

Aptera mengatakan telah menyelesaikan beberapa peningkatan besar untuk membuat mobil listrik yang lebih kompetitif dan revolusioner, terbukti saat ini menawarkan mobil listrik tertutup roda tiga dengan teknologi pengisian daya terus menerus .

Kendaraan diharapkan hanya menggunakan 100 Wh per mil, menjadikannya kendaraan paling efisien dan setiap Aptera memiliki panel surya seluas 2,4 meter persegi yang menghasilkan energi yang cukup untuk berkendara hingga 64 km, seperti yang dikutip dari laman inhabitat.com.

“Kami akan mulai dengan memproduksi beberapa ratus kendaraan pertama kami, Edisi Paradigma kami, mengingat sudah lebih dari 13.000 orang memesan Aptera” kata Pablo Ucar, VP Produksi dan Pengadaan Aptera.

Aptera juga menawarkan pilihan sistem penggerak roda depan 100 kW atau powertrain all-wheel-drive 150 kW, dengan paket baterai yang memperpanjang jangkauan hingga 640 km dengan harga sekitar $29.800.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini