oleh

Percepat Wujudkan Energi Bersih di London, NatWest Danai Zenob Energy Bangun Infrastruktur Bus Listrik

By Citra, SOLARENERGI.ID – Zenob Energy salah pengembang solusi energi dan transportasi bersih diInggris telah membentuk struktur utang multi-sumber senilai US$326 juta untuk mendanai investasi modal ke dalam e-bus dan infrastruktur pengisian daya baterai.

Platform pendanaan ini merupakan yang pertama di Inggris dan dibentuk oleh bank ritel Inggris Natwest, meski sebelumnya telah memberikan dana kepada Zenob untuk pengembangan kendaraan listrik . Pendanaan ini bertujuan untuk mendukung penawaran elektrifikasi armada turnkey Zenob yang diluncurkan Mei 2019.

Penawaran tersebut mencakup pembiayaan untuk infrastruktur pengisian daya baterai, penyimpanan baterai stasioner yang terletak di depot bus untuk mengatasi kendala jaringan pada kendaraan listrik.

Saat ini, Zenob memiliki aset penyimpanan operasional dengan kapasitas  175 MW dan 394 bus kendaraan listrik (EV), setara dengan perkiraan pangsa pasar 25% dari sektor bus EV operasional Inggris, yang sebelumnya pada semester dua tahun 2020 telah menguji coba infrastruktur sistem pengisian yang dapat mengisi 16 armada bus listrik secara bersamaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut ketika itu  aset baterai stasioner ditempatkan di depot bus, sehingga ketika siang hari bus keluar baterai stasioner tersebut dapat dilakukan pengisian melalui solar photo voltaic yang terpasang diatas garasi bus meski masih dilakukan penambahan yang bersumber dari jaringan listrik nasional.

Dan ketika malam hari bus kembali ke depot sudah dipastikan baterai stasioner 100 persen terisi agar dapat dimanfaatkan untuk pengisian daya baterai bus listrik tersebut.

Piers Johnson, kepala korporat untuk keuangan aset spesialis di NatWest mengatakan mereka senang mendukung peningkatan penggunaan EV dan membantu menciptakan sistem transportasi yang lebih hijau, seperti yang dilansir current-news.co.uk

Lembaga keuangan NatWest merupakan specialist structured finance yang membantu operator baterai untuk menyediakan layanan end-to-end kepada operator bus, termasuk desain, pemasangan, pembiayaan, dan pengoperasian pengisian di depot. Selain itu, pembiayaan dan penggantian opsional baterai di dalam bus itu sendiri, dan pembiayaan pada komponen non-baterai.

electric bus, sumber youtube

Langkah ini diharapkan dapat mempercepat dalam mewujudkan dekarbonisasi sektor transportasi dan mendukung upaya negara dalam menuju net zero emission di tahun 2050.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini