oleh

Keunggulan Keandalan Pasokan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Belum Menjadi Solusi Wujudkan Net Zero Emission

By Suryo SOLARENERGI.ID Energi nuklir memiliki catatan keandalan yang terbukti di dunia yang berjuang untuk menerima sumber energi terbarukan yang kurang dapat diandalkan, hal  ini menjadi prospek uranium yang lebih cerah karena menjadi bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir.

Meski dunia saat ini membutuhkan lebih banyak energi dari sumber terbarukan, tetapi karena faktor cuaca dan menjadi sorotan atas satu masalah intermiten,” kata John Ciampaglia, chief executive officer Sprott Asset Management, seperti yang dikutip dari laman marketwatch.com

Jika kecepatan angin menurun atau kondisi cuaca sedang hujan tentunya akan mempengaruhi kemampuan turbin angin yang terpasang setiap pembangkit listrik tenaga angin, tidak hanya menurunkan daya mampu namun bisa mengakibatkan turbin angin tidak dapat menghasilkan tenaga listrik.

Dalam sistem tenaga listrik membutuhkan beban dasar agar pasokan listrik tetap terjaga atau andal, ujar John Ciampaglia .

Sementara Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)  mampu beroperasi dengan jam operasi rata-rata selama satu tahun berkisar 93%, Jadi PLTN memiliki kelebihan dalam keandalan pasokan daya listrik ke jaringan.

Eropa dibiarkan berebut sumber energi di tengah transformasi ke energi terbarukan, mulai dari kekurangan gas alam, melonjaknya harga batubara dan minyak serta menurunnya produksi listrik yang digerakkan oleh angin selama musim panas 2021.

Sehingga mengakibatkan penurunan kapasitas daya pasok ke sistem dan defisit daya selain meningkatnya harga jual listrik ke pelanggan.

Belum lagi diterpa dengan naiknya harga uranium, yang menjadi bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir, naik sekitar 40% dari tahun 2020 hingga Desember 2021 menjadi $42 per pon, menurut perusahaan konsultan bahan bakar nuklir UxC & LLC.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini