Wind

Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB), Ini 5 Terbesar di Dunia

1
×

Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB), Ini 5 Terbesar di Dunia

Sebarkan artikel ini
energi terbarukan, pltn, pltb, plta, pembangkit listrik tenaga nuklir, keandalan listrik, reaktor nuklir, energi hijau, energi berkelanjutan, pembangkit listrik, energi listrik, pasokan listrik
Proyek Pembangkit Listrik tenaga Bayu Polandia

SELISIK.COM – Ada beragam sumber energi untuk memproduksi listrik. Salah satu yang bisa memberikan manfaat besar menyumbang energi listrik adalah pembangkit listrik tenaga bayu/angin. (PLTB). Berikut lima PLTB terbesar di dunia hingga data September 2023.

Pangkalan Tenaga Angin Jiuquan (Gansu), Tiongkok

Dengan rencana kapasitas terpasang sebesar 20GW, Pangkalan Tenaga Angin Jiuquan (Gansu) akan menjadi ladang angin terbesar di dunia. Ini akan memiliki 7.000 turbin angin yang dipasang di seluruh provinsi Jiuquan di Tiongkok,

Taman Angin Jaisalmer, India

Ladang angin terbesar di India adalah taman angin Jaisalmer berkapasitas 1.600 MW. Proyek yang dibuat oleh Suzlon Energy ini mencakup kumpulan ladang angin yang terletak di Rajasthan, distrik Jaisalmer di India. Untuk berbagai klien, termasuk organisasi sektor publik dan swasta, produsen listrik independen, dan penyedia utilitas energi, Suzlon membangun pembangkit listrik tenaga angin. Hindustan Petroleum Corporation, Rajasthan State Mines and Minerals, dan CLP India adalah beberapa kliennya.

Ladang angin dilengkapi dengan berbagai model turbin angin Suzlon, termasuk S97-120m, S97-2.1MW, dan S111-90m.

Pusat Energi Angin Alta, AS

Lokasi: California, AS | Turbin : 600 | Kapasitas terpasang : 1.550 MW (1,55 GW)

AWEC, juga dikenal sebagai Ladang Angin Mojave, adalah ladang angin terbesar di Amerika dan ladang angin terbesar ketiga di dunia. Pembangunannya memakan biaya hampir $3 miliar dan menempati lahan seluas 130 kilometer persegi. Kapasitas operasional Alta Wind Energy Center (AWEC) di Tehachapi, Kern County, California sebesar 1.548MW. Lima tahap awal AWEC diluncurkan pada tahun 2011.

Tahun berikutnya dilakukan pemasangan dua tahap lagi. Ada 100 turbin GE 1,5MW SLE pada tahap pertama. Turbin Vestas V 90-3.0MW dipasang untuk enam tahap operasional yang tersisa. Turbin Vestas yang sama digunakan pada tahap operasi ketujuh, kedelapan, dan kesembilan. Turbin GE 1,7MW dan GE 2,85MW telah dipasang pada dua tahap terakhir.

Terra-Gen Power awalnya mengembangkan ladang angin darat, namun kemudian mendistribusikan kembali tahapan proyek yang berbeda ke berbagai bisnis. Ladang angin dimiliki dan dioperasikan oleh NRG Renew sebesar 948MW, BHE Renewables sebesar 300MW, dan EverPower sebesar 150MW. Brookfield Renewable Energy Partners adalah pemilik dan operator sisa 150 MW.

Ladang Angin Muppandal, India

Lokasi: Tamil Nadu, India | Turbin : 3.000 | Kapasitas terpasang : 1.500 MW (1,50 GW)

Ladang angin darat terbesar di India adalah ladang angin Muppandal berkapasitas 1.500 MW. Ini terdiri dari beberapa ladang angin di negara bagian Tamil Nadu di distrik Kanyakumari, India. Di ujung paling selatan India, di negara bagian Tamil Nadu, terdapat daerah terpencil yang ideal untuk ladang angin karena menerima angin bertekanan tinggi dari pegunungan Ghats Barat di sebelah barat.

Meskipun banyaknya lahan gersang di dalam dan sekitar Muppandal tidak cocok untuk budidaya dan memiliki angin kencang, ini adalah lokasi yang sempurna untuk pembangunan ladang angin. Karena keberadaan pegunungan Ghats Barat, Muppandal mengalami angin kencang dari barat selama sembilan bulan dalam setahun.

Ladang angin proyek ini mencakup turbin yang dibuat oleh produsen seperti Vestas, NEPC India, AMTL, TTG, dan Suzlon, dan memiliki kapasitas terpasang yang bervariasi.

Ladang Angin Shepherds Flat, AS

Ladang angin terbesar kelima di dunia adalah Ladang Angin Datar Shepherds 845MW di Oregon Timur, Amerika Serikat, dekat Arlington. Ladang angin, yang dibuat oleh Caithness Energy, terbentang lebih dari 30 mil persegi di wilayah Morrow dan Gilliam. Proyek Peternakan Angin Datar Shepherds senilai $2 miliar mulai dibangun pada tahun 2009. Departemen Energi AS memberikan jaminan pinjaman senilai $1,3 miliar kepada proyek tersebut pada bulan Oktober 2010. Pengoperasian pembangkit listrik tenaga angin dimulai pada bulan September 2012. Shepherds Flat terdiri dari 338 turbin GE2.5XL, masing-masing dengan kapasitas terukur 2,5MW. Keluaran tenaga pembangkit listrik tenaga angin disalurkan ke Southern California Edison. Ladang angin menghasilkan energi terbarukan yang cukup untuk memberi daya pada 235.000 rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *